Kamis, 08 Juni 2017

Tutorial membuat seprei, sarung bantal dan guling


1st day ramadhan kali ini dimulai dengan libur panjang, i've been sleep like all day but magrib is still not coming yet😃,  so i decide to make my own lebaran bed sheet.
bahan seprei kali ini motifnya star wars, terakhir bikin seprai motif litte pony diprotes my hubby katanya bikin ga jantan 😂, so he must like this new starwars bedsheet

Bahan ini di beli di pasar bahan kiloan Anggada di cibinong, sekilonya untuk bahan seprai sekitar 80-90rb, panjangnya tergantung ketebalan bahannya, seprei star wars ini beli sekilo dapet panjang 3,4m dan lebar standar 240cm, pas banget untuk bikin seprai ukuran di rumah 160x200, 2 bantal and 2 guling, walau hasilnya ga serapih yg beli tapi tetap puas lah 😎
Berikut bagian2 yang harus dipotong ke bahan :


1. Seprai ukuran 160x200 dengan tinggi 20: Potong bahan sepanjang 20+160+20
di ke empat sudutnya di buat segitiga ukuran 20x20, ditandai garis lurus dan jarum pentul

kemudiam dijahit mengikuti garis, lalu di gunting dan buang bagian terkecilnya,

dan karena buat dipakai sendiri jadi ga perlu ke tukang obras dan di kasih jaitan zigzag seperti berikit sudah cukup mewakili obras 😅

langkah yg paling sulit yaitu pemasangan karet di empat sisi seprai, siapkan karet yg lebarnya kurang lebih 2 cm sepanjang 20cm sebanyak 4 buah.



kemudian dipasang disetiap sisi seprai dengan ditarik panjangnya 2x lipat, i have some tricks sih, but i think its still not helping much 😅, pertama di buat tanda di ujung seprai 20cm ke kanan dan 20 cm ke kiri, di bagian karet pun di beri tanda setiap 5cm

Kemudian langkah berikutnya di jait di bagiang ujung dan tengah, jangan lupa beri jarak 1cm dari tepi bahan


Kemudian di lipat 2 kali dari bawah, mulai jahit kliman dengan menarik sedikit demi sedikit sampai ujung karet dan kesemua sisi seprai

butuh sering latihan untuk hasil yg baik, tapi untuk beginner ini udah lumayan 😅.. yeay lebaran pake seprei baru



2. Sarung bantal guling (bolster case) : walau sudah cukup happy denggan seprei baru, ditambah sarung bantal dan gulingnya bikin makin happy. Bikin sarung guling ukuran standar ya, dari sisa  bahan yang ada, untuk guling di potong 70x120cm dan di buat 2 lembar.

langkah selanjutnya, pada 1 lembar bahan guling, di bagian ujungnya di beri jarak 13 cm



Kemudian di gunting sedikit kedalam kurang lebih 1,5 cm
Lalu bagian atasnya di lipat 2x dan di beri jarum pentul yang kemudian di jahit lurus, lalukan juga pada sisi sebelahnya.
 
Setelah jadi bagian kiri dan kananya, lalu beri jarak 10cm dari bagian atas dan di beri garis
Di lipat 1 kali sampai di garis 10 cm
lalu di lipat sekali lagi
kemudian tandai dengan pentul segaris dengan bagian yg paling kanan atau sekitar 1,75cm dr bagian bawah
Lalu jahit lurus dari ujung ke ujung
jika di balki hasilnya akan jadi seperti ini, bagian atas untuk tali nya sedanngkan bagian bawah untuk hiasan, lakukan juga pada sisi bawah bahan guling 
Lipat sisi kiri ke kanan, sampai bertemu di ujungnya, kemudian dengan hati2 di jahit dari ujung titik temu sampai ujung berkutnya

Jangan lupa di jahit zigzag untuk pengganti obras, dan jadi deh sarung bantal lebarannya :D
Setelah diberi tali dan digunakan di guling kesayangan


3. Sarung bantal (pillow case) : there are soo many way tutorial in making pillow case, depent on the size and model, and what im going to made here is based on my need which suit to my pillow at home, mine is standard size 50X65cm

1st step : potong sisa bahan size 70x50 , untuk 2 bantal makan di potong 4 lembar, sisa bahan berikutnya di potong dengan size 20x50 sebanyak 2 lembar untuk 1 bantal guling jadi bahan yg sudah di potong seperti ini
kemudian di jahit ke tiga bahan tersebut menjadi satu dengan bahan terpendek di ujung

Lalu lipat sesuai jahitan bahan paling kanan ke tengah (berfungsi sebagai sarung), dan bahan yang paling pendek juga ketengah dan berfungsi sebagai amplopnya
Lalu jahit bagian atas dan bawahnya dan jangan lupa di zigzag sebagai pengganti obras :D

Finish.. dan lebaran bisa pakai seprai baru deh... yeay







Rabu, 24 Mei 2017

Baking 

I dont really have a gift in baking, but i believe i have a real passion in it.
I failed sooo many time, I even never can make a perfect cake, but I just dont care :D
I love baking

Welcoming ramadhan, and my head is full with idea what kind of cake i should make, I dont care with the new dresses or shoes, but im soo exited to make some cake.

Baking now is harder for me, because of him :D my toddler who love to be around me and messing with everything he gets. its ended many time nor with messing flour or sugar all over my kitchen :D, so the perfect time for me to bake is when daddy at home, hes good in taking care his son :*

these below is my cake list this year, and I hope I could make it all happen :

1. Nastar
2. Katangel
3. Sagu Keju
4. Chocolate cake (something with coco crunch on the top)
5. Putri salju
6. Lidah kucng (optional) 
7. Cheesestick

Thats all for now, now im looking for a good recipe for these cake
one of my fav blog is  http://www.justtryandtaste.com i love this blog soooo much, Mba Endang is the owner, she wrote good explanation how to make good cake for every recipe. but again after I follow 100% the ingredients and steps the result still not as good as her pictures :D , different hand different result :D (ngeles),

Now checking my stock for all the ingredients, will go to shop a bit and start baking.. yeyy